Kamis, 08 Agustus 2013

Dra. ASMIDA, M. Pd; Cerpen Judul: Aku Menoleh Dan Mengangguk



Cerpen[1]:
Judul: Aku Menoleh Dan Mengangguk[2]
Oleh:

Dra. ASMIDA, M. Pd[3]


Tak terasa perjalanan di bulan suci ramadhan hampir satu bulan, baru kemaren rasanye aku mengantarkan orang-orang yang kusayangi pergi berwisata rohani, masih terbayang wajah kebahagiaan dan kesedihan yang berbaur menjadi satu. Bahagia karena ade keluarga yang pergi wisata rohani sementara sedih karene aku tidak dapat pergi bersame, sisa duit yang harus disetor pade penyedia layanan, harus kukorbankan untuk salah seorang keluarga jauhku yang sangat membutuhkan dan akan berakibat fatal kalau aku tidak ikut membantu meringankannye.
Suare ayah, mak tengiang-ngiang ditelinge, ya Allah…aku tidak sanggup melihat wajah luka itu, aku tidak sanggup. “ayah dengan mak mintak tolong betul ni, tak tau lagi nak mintak tolong dengan siape” ucap orang tue salah seorang kerabatku di sungai tohor kabupaten kepulauan meranti” Duit sagu belum dapat diambek, tokeh tu sedang pergi ke Bengkalis seminggu lagi balek kate anak buah die, kalau tak tu dapat juge ayah minjam untuk operasi adek kau ni, kate dokter harus minggu ini juge ujar ayah lagi. Ya Allah… ape yang harus aku katekan dengan ayah dan mak? Ucapku dalam hati.
Bu…,bu…, ujar ias mengguncang badan aku perlahan, “berat kali nampaknye bu,” ujar ias sambil memandang wajahku. Sorry, ade ape? Ya Allah…iyelah gawat pasti berat betul problemnye sampai tak ingat ape-ape lagi, ucap ias heran, bile lagi nak menyenangkan badan bu? Asik memikirkan orang lain saje, saat ibu susah siape yang datang? Ade kawan-kawan atau entah siape yang ibu tolong datang, tak kesah bu…
Kupandang ias yang terus becakap, anak kemaren sore yang tipenye bile aku cermati hampir same dengan aku, yah…mudah2xan tetap menjadi diri sendiri. Anak tu pintar, baik, rajin, mudah-mudahan dapat aku andalkan sebagai salah seorang tangan kanan aku di TAC. “Maaf bu, saye lepas kontrol” ujar ias, “tak ape-ape yang kamu katekan itu secare umum memang betul, terimekasih telah mengingatkan saye” ucapku tersenyum.
Tolong panggilkan pak eric suruh die kesini sekarang ye, penting. “Iye bu” ujar ias sambil berlalu, belum aku teduduk lagi, budak tu sudah sampai diruangan “cepat betul, mane pak eric” mmmm pak eric keluar buk ngisi bensin tapi tadi udah saye pesan dengan paweh supaye menjumpai ibu kalau udah dikantor ucap ias terbata-bata. Ye udah, kesinilah kamu ade yang mau saye sampaikan. THR ye bu, ucap ias berseri-seri, kau tu tau aje mentang-mentang nak dekat hari raye. Ini ade sedikit THR untuk kalian mudah-mudahan dapat menambah kebutuhan hari raye, bagikan hari ini juge ias jangan tunggu besok ucapku sambil berjalan ke jendela menikmati pemandangan disekitar TAC “siap bu” ujar ias cepat.
Masuk pak eric, sudah dari tadi dipintu mengape tak masuk, ucapku pade pak eric yang telah lame ikut membantu aku di TAC. Pak eric, besok saye ke selatpanjang sekalian balek kampung, ade saudare jauh yang anaknye sakit mau dioperasi, setelah itu rencana langsung ke batam beberape hari, mungkin saye langsung nyebrang kalau sempat. Selame saye diluar tolong bapak bantu ias untuk mengurus TAC, aku yakin die bisa dipercaye, budaknye baik, rajin dan pintar. Kalau ade hal yang sangat mustahak tak bisa kalian tangani langsung hubungi saye. “Iye bu”, ucap pak eric singkat seperti biasenye sambil menyalamiku dan mengucapkan terimekasih bu THR nya sudah diterime. Same-same pak, salam buat keluarga.
Aku sedang bekemas saat ias datang, eh belum balek kamu udah jam berape ni, ucapku same ias yang memandang aku tidak seperti biasenye. Ada ape?” Kate pak eric ibu mau ke batam langsung nyebrang”, ucap ias dengan polosnye, “iye tapi ke selatpanjang dulu sekejab” jawabku sambil memasukkan beberape draft kegiatan yg semalam diprint paweh ke tas kerje. “Nanti kamu bantu pak eric selame saye diluar, tadi saye sudah becakap dengan die”, yup sambil jalan, hari udah petang, ape lagi? Ibu hari raye di sebrang ucap ias memandangku, aku menoleh dan mengangguk.

Sekianlah
Pekanbaru, 3 agustus 2013 sd 7 agustus 2013; 01.35 wib


[1] Untuk seorang sahabat, tetaplah menjadi diri sendiri.
[2] Cerpen terinspirasi dari kepergian seorang keluarga jauh untuk selamanya
[3] Biodata Singkat. Dra. ASMIDA, M. Pd adalah Kandidat Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta; S-1 bidang Pendidikan Matematika, FKIP UNRI, 1988; S-2 bidang Pendidikan Matematika, UPI Bandung, 2009; Sekarang Bertugas Sebagai Staf Bidang Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru; Pemilik dan Pendiri L2PTS; Hobbi menulis cerpen dan dongeng dimulai sejak tinggal di Bandung, disedikit waktu senggang yang dimilki diantara kesibukan sebagai mahasiswa tugas belajar Magister Bidang Pendidikan Matematika di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Kumpulan cerpen dengan cover “Sepetang Hatiku” dan beberape dongeng diantaranya “Kucing dan Harimau”, “Kancil dan anak Harimau”, “Pak Handi dan Mak Handi” sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com. Selain menulis cerpen dan dongeng, penulis juga menulis al: “Modul Integral Untuk Anak Paket C” sejak tahun 2009 akhir dan selesai tahun 2012, dimana modul ini  merupakan edisi revisi dari beberapa modul Matematika dan Integral yang ditulis sewaktu penulis masih menjadi pendidik, salah satu sub sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com dan http://learningcenterasmida.blogspot.com. Terbaru sejak tahun 2010 sampai tahun 2012, menulis buku untuk Kelompok Bermain Salah satu sub buku sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com/2012/06/dra-asmida-m-pd-matematika-sebagai-ilmu.html; Selain itu juga menulis artikel lepas, kumpulan artikel dengan cover “ Pekanbaru Menuju Kota 2 M?” sudah dipublikasikan secara terpisah di http://l2pts.blogspot.com; Hobbi lainnya al: fhotografi, menggambar abstrak, seni ukir, traveling, mendengarkan musik. Tahun 2013 aktifitas lainnya selain menulis cerpen, artikel lepas serta hobi lainnya, juga menulis tentang Irisan Bidang dengan Bangun Ruang, yang merupakan revisi dari modul sebelumnya, di publikasikan di  http://learningcenterasmida.blogspot.com, menulis materi matematika tentang Trigonometri di publikasikan di  http://learningcenterasmida.blogspot.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar