Sabtu, 25 Mei 2013

Dra. ASMIDA, M. Pd; TANAMAN UBI


TANAMAN UBI[1] 

Oleh:
Dra. ASMIDA, M. Pd[2]

Tanaman ubi atau tanaman ubi kayu atau singkong merupekan tanaman yang tumbuh subur di pelosok negeri, rasenye sangat tidak patut kalau ade yang tak kenal dengan tanaman yang satu ini. Dibeberape daerah ubi dapat dijadikan sebagai makanan pokok selain nasi atau sagu.
Menurut Purwono, (2009) dalam http://www.psychologymania.com/2012/08/tanaman-ubi menyatakan, tanaman ubi kayu atau singkong merupakan salah satu sumber karbohidrat yang berasal dari umbi. Ubi kayu atau ketela pohon merupakan tanaman perdu. Tanaman Ubi kayu berasal dari benua Amerika, tepatnya dari Brasil. Penyebarannya hampir ke seluruh dunia, antara lain Afrika, Madagaskar, India, dan Tiongkok. Ubi kayu berkembang di negara – negara yang terkenal dengan wilayah pertaniannya.  

Walaupun ubi kayu bukanlah berasal dari negara kita seperti yang telah disebutkan diatas, namun kita salah satu negara yang mudah tumbuh tanaman ubi, salah satu sebabnye karene kita termasuk daerah pertanian. Tanaman ubi walaupun tidak ditanam secara khusus, die dapat tumbuh dengan baik hanye dengan mencampakkan atau ditanam sebagai pagar. Menurut hemat penulis, gambaran akan suburnye tanah di Indonesia yang sering-sering di sebut dengan “tongkat aje ditanam tumbuh” ade kemungkinan yang dimaksud,  ye tanaman ubi ini.
Becakap tentang tanaman ubi, mengingatkan penulis saat di Selatpanjang, dimane (almh) mak selalu menanam batang ubi dekat belakang maupun samping rumah, untuk diambil pucuknye buat sayo. Kate mak saye, ubi yang akan diambil buahnye, kalau mau mengambek daunnye untuk sayur kite tidak boleh mematahkan tangkai pucuk, karene akan menyebabkan buahnye pahit, jadi harus dibedakan tanaman untuk sayur dengan untuk yang di ambil ubinye.
Selain daunnye dapat dibuat sayo, ubi juge dapat dibuat berbagai macam pemakan, adepun pemakan yang dibuat dari ubi diantarenye godok begule, goreng godok berinti, lepat ubi berinti, kinjam ubi, tapai ubi, bingke ubi, keripik ubi, kolak ubi gule putih atau gule enau, ubi tumbuk atau yang lebih mudah dan tak banyak modal yaitu rebus ubi, selain itu ubi juge dapat dibuat gulai biasenye gulai sempedas yang dicampur dengan ikan bilis atau ikan lainnye. Khusus rebus ubi, kalau lagi malas makan nasi dapat dijadikan alternatife untuk sumber karbohidrat yaitu dengan memakannye dengan gulai sempedas ikan, kalau penulis lebih suke sempedas ikan lomek atau ikan biyang.

Oh ye waktu duduk dibangku SMA, kalau di sekolah sedang tak banyak tugas, biasenye habis sholat ashar kami pergi kekebun ubi punye kakakku Sumi di Selatpanjang yang lumayan luas, kebun itu selain ditanam ubi juge ditanam rambutan. Letaknye lumayan jauh dari rumah kalau aku amati sekarang, tapi waktu itu rasenye dekat, mungkin kerene masih remaja hehehe.. Kebun kami itu ditunggu orang jawa yang membersihkan dan menanamnye, kami memanggilnye lelek, kalau musim panen selain dijual, biase penjage kebun membawe hasil panen ubi kerumah untuk dibuat pemakan. 
Pernah suatu hari kami berhasil mencabut satu pokok ubi yang berat buahnye sampai 16 kg, untuk mencabut pokok ubi yang tinggi dan besar itu, dikerahkan beberape orang, setelah itu kami ketawe-ketawe saking senangnye tak pernah nengok ubi secantik itu, begitu juge orang di sepanjang jalan pade teheran-heran menengok ubi yang kami pikul menuju rumah, sedangkan ubi yang telepas seperti biase dimasukkan ke goni untuk dibawak balek.
Selain itu ade juge yang dijual ditempat, kadang orang datang kekebun untuk membeli ubi, biasenye langsung ditimbang di kekebun. Aku belajar menimbang salah satunye dari kegiatan tersebut, makku (almh) Tengku Sribanun biasenye melebihkan beberape bijik ubi pade orang yang membeli, selain itu juge tak lupe disedekahkan pade tetangga setiap kami panen. Sepengetahuan ku setiap panen mak tidak pernah lupe besedekah hasil kebun, apekah ubi, rambutan, kelape, mempelam[3], pisang.
Manfaat lain dari tanaman ubi selain buahnye, juge batangnye. Batang ubi yang telah kering dapat juge dijadikan sebagai pengganti kayu bakar dalam keadaan mendesak, begitu juge dengan daun ubi seperti yang sudah penulis singgung diatas, dapat dijadikan sayur, baik untuk  ditumis, direbus aje, disayur lemak, maupun digulai dengan ikan salai, sedap…. ataupun di buat gulai pucuk ubi tumbuk yang dingencah kincung, dan rimbang, mak…betambah sedap makan. Selain makanan tersebut, ubi juga dapat dibuat tepung yang kite kenal dengan tepung tapioca, kemudian dari tepung ini dapat diolah menjadi berbagai macam kueh baik kering maupun basah.

Sekianlah
Pekanbaru, 19  Mei 2013 sd 25 Mei  2013.


[1] Ubi bahase melayu Selat Panjang untuk menyebutkan ubi kayu atau singkong.
[2] Biodata Singkat. Dra. ASMIDA, M. Pd adalah Kandidat Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta; S-1 bidang Pendidikan Matematika, FKIP UNRI, 1988; S-2 bidang Pendidikan Matematika, UPI Bandung, 2009; Sekarang Bertugas Sebagai Staf Bidang Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru; Pemilik dan Pendiri L2PTS; Hobbi menulis cerpen dan dongeng dimulai sejak tinggal di Bandung, disedikit waktu senggang yang dimilki diantara kesibukan sebagai mahasiswa tugas belajar Magister Bidang Pendidikan Matematika di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Kumpulan cerpen dengan cover “Sepetang Hatiku” dan beberape dongeng diantaranya “Kucing dan Harimau”, “Kancil dan anak Harimau”, “Pak Handi dan Mak Handi” sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com. Selain menulis cerpen dan dongeng, penulis juga menulis al: “Modul Integral Untuk Anak Paket C” sejak tahun 2009 akhir dan selesai tahun 2012, dimana modul ini  merupakan edisi revisi dari beberapa modul Matematika dan Integral yang ditulis sewaktu penulis masih menjadi pendidik, salah satu sub sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com dan http://learningcenterasmida.blogspot.com. Terbaru sejak tahun 2010 sampai tahun 2012, menulis buku untuk Kelompok Bermain Salah satu sub buku sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com/2012/06/dra-asmida-m-pd-matematika-sebagai-ilmu.html; Selain itu juga menulis artikel lepas, kumpulan artikel dengan cover “ Pekanbaru Menuju Kota 2 M?” sudah dipublikasikan secara terpisah di http://l2pts.blogspot.com; Hobbi lainnya al: fhotografi, menggambar abstrak, seni ukir, traveling, mendengarkan musik. Tahun 2013 aktifitas lainnya selain menulis cerpen, artikel lepas serta hobi lainnya, juga menulis materi tentang Irisan Bidang dengan Bangun Ruang, yang merupakan revisi dari modul sebelumnya, di publikasikan di  http://learningcenterasmida.blogspot.com.
 
[3] Mempelam bahase melayu Selat Panjang untuk menyebutkan mangga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar