Selasa, 16 Juli 2013

Dra. ASMIDA, M. Pd; Cerpen Judul: biase aku manggil ias



Cerpen[1]
Judul: biase aku manggil ias

Oleh:
Dra. ASMIDA, M. Pd[2]

Aku masih duduk diteras kamar hotel dilantai tige, menikmati pemandangan alam yang terbentang disekeliling tempat kami tinggal beberape hari ini, hujan masih mengguyur Bogor seperti biasanya, menambah dingin kawasan puncak. Ias masih bertekuk kedinginan sambil nonton TV, aku hanye senyum dan sekali kali melirik die. Aku tidak banyak becakap, aku sibuk mengabadikan pemandangan alam dengan camera Nikon salah satu camera kesayanganku, memotret kesana kemari, “ibu suke moment ye” ujar ias yang sudah ade disampingku, untung aku tak tekejut, aku hanye senyum dan mengangguk seperti biasenye.
Ini malam terakhir kami di kota Bogor tepatnye dipuncak, baru semalam rasanya kami sampai, eh…tak terasa sudah lime hari memeras otak ditempat sejuk macam ini, yang tidak ade nyamuk, padehal lingkungan hutan, tak perlu AC kerene sangat sejuk, sampai-sampai coklat yang aku bawakpun tetap keras macam dalam kulkas, kalau di kota panas tempat kami sudah meleleh hehehe….
Aku tersenyum saat kami baru sampai, ape kate ias, kalau di kampung kite tak dapat menengok bulu tegak semue rebah tapi kalau disini tegak-tegak ucap ias sambil menggigil sejuk, kamipun ketawe tekikik-kikik, sambil berjalan keluar melihat pemandangan di depan kamar tempat yang kami pilih untuk kegiatan tahun ini di Casarua kota hujan Bogor.
Kegilaan aku ade juge same anak tu, tiap hari ade aje yang kami ketawekan dari berangkat menunggu mobil macam TKI, sudah tu diperjalanan saking kebulo[3] terlampau banyak membeli gorengan akhirnye telupe makan, belum lagi berputar-putar mencari hotel, waduh…mase akan datang kalau mau ketempat ini hanye untuk istirahat total bukan untuk memeras otak, ucapku dengan ias.
Banyak kenangan menarik yang tak mampu diungkapkan, banyak kata-kata yang tak mampu diucapkan, tapi dia ada. Angin Bogor masih setia mengayunkan pohon besar maupun kecil yang ditata dengan sangat matang, meliuk-meliuk didepan kamar kami, tarian alam dari sang pencipta membuat aku termangu mengagumi kemahakuasaan ilmuNya. Kuangkat kaki keatas kursi, kadang-kadang aku luruskan, kebiasaanku sejak dulu dalam keadaan santai, sambil mendengarkan suara Ariel Noah dari Blackberry kesayanganku. Same seperti malam sebelumnye, tidak banyak yang kami bicarakan, badan udah sangat penat ditambah malam ini kegiatan hampir mendekati jam 23.40 wib, sudah tak larat nak bergerak, tiba-tiba bayangan seseorang nun jauh di kota dewata menyeruak, sedang ape die ye? Kutarik napas pelan dan menghembuskannya.
Lalu lintas malam dipuncak semakin padat, bus-bus wisata maupun kendaraan pribadi mulai memasuki kawasan puncak ini, untuk berbagai kegiatan salah satunye mengisi liburan bersame orang terdekat. Aku masih menikmati dinginnye malam, diluar kamar yang dibatasi kaca tebal dan hanye beberape jengkal jaraknye dari tempat tidur. Aku belum mengantuk walau sudah hampir jam 02.00 wib, beberape hari belakangan ini, aku memang sulit tidur malahan same sekali tidak bisa tidur, kadang-kadang entah jam berape aku mulai masuk kamar dan mulai rebahan, serta entah jam berape pulak mulai tertidur.
Dingin puncak semakin menyeruak, ias datang membawe secangkir kopi untuk ku, seakan tau aku yang memang udah teler kalau tak ade kopi, dan secangkir teh untuk die, ias mengambil posisi duduk disamping ku dikursi satu lagi yang memang disediakan untuk due orang, dengan kaki memanjang kepagar, kadang-kadang die mencangkung dilantai, begitu juge aku. “tak pakai gule bu” ujar ias melihat aku yang langsung menghirup kopi dan membiarkan gule ditepi piring. Aku tersenyum, “tidak“ ucapku singkat, dalam hati aku membenarkan ucapan yosi siang tadi ditelp, salah satunye tentang minuman favoritku yaitu kopi.
Kopiku hampir tidak pernah dibuatkan oleh orang lain karene tidak sesuai dengan selera, ade aje yang kurang, walaupun takarannye sudah aku sebutkan berulang kali tapi tetap tak beres, akhirnye minuman favoritku itu hanye aku sendiri yang membuatnye kalau dirumah, kecuali ade acara diluar mau tak mau karene tagih diminum juge, namun ias mampu membuatkan kopi yang hampir sempurna untuk ku minum disejuknye puncak kota hujan malam ini.
Ucapan yosi bagai terngiang ditelinge, “banyak kesamaan mike dengan ias tu, udah lame die kerje di yayasan ucap yosi diseberang sane, sampai die awak ikutkan dalam kegiatan yayasan tahun ini”. Aku tersenyum dan mengingat-ingat pembicaraan singkat kami siang tadi, benar juge kate yosi sampai – sampai kejadian kecelakaan sepeda motorpun same saat pelatihan di Dumai cume waktunye aje yang berbeda, aku mengalaminye puluhan tahun sebelum die ade.
“Sudah beberape bulan inilah yos, die bergabung di TAC, kamikan membutuhkan tenage dibidang computer, kebetulan die salah satu calon yang kompeten, setelah wawancara singkat dan menengok pengalaman die dibidang komputer, aku percaye die mampu, lagi pule aku tengok budaknye rajin, pintar”. Oh ye, mane dikau tau” ucapku sambil tesenyum sendiri seakan yosi ade didekatku, jumpe aje tak penah, sampai tau pulak, “oi, kite bersame bukan baru sehari…, udah belapok[4], kau tu tak mudah dekat dengan orang, kawan kau pun hanye beberape orang, kaupun orang yang tak banyak becakap kalau tak penting betul, asik bekerje sampai tak tau waktu ucap yosi panjang lebo memuji aku, selera music kalianpun pasti same paling tidak same-same suke music, aku yakin budak tupun same tipe dengan engkau hampir dalam segale hal, aku yakin 95 %, iyekan…? ucap yosi ditelepon.
Aku hanye ketawe mendengarnye. Yosi merupekan seseorang yang bersame aku saat ini, warga Negara Singapore yang sudah lame tinggal di bumi melayu Riau dan beberape bulan ini menetap di Bali, kalau ade waktu luang aku biase menghabiskan waktu khusus dengan die, selain Bali tempat vaforit kami bedue, kadang-kadang kami juge ke Medan dan Lombok. Kami same-same menyenangi suasana pantai, alam terbuka, malahan aku sejak dulu ingin mempunyai rumah dekat pantai di sane. Hallo…ujar yosi diujung telp, betulkan? “tak taulah yos, tapi jujur saat aku menegok die, macam menengok cermin aku di mase mude, entahlah akupun heran”. Nantiklah tige bulan lagi saat kami ade acara di Bali, awak tengoklah jawabku diujung telp “. Bolehlah… tapi aku percaye tak jauh dari analisa aku tadi, oh iye siape name budak tu, ujar yosi nun jauh dari negeri ini yang juge sudah mulai beruban same seperti aku, dan betambah pelupe, lalu ku jawab, biase aku manggil ias.

Sekianlah
Pekanbaru, 6 Juli 2013  sd 16 Juli 2013  jam 23.02 wib.


[1] Cerpen terinspirasi dari perjalanan kekota hujan bogor tahun 2013.
[2] Biodata Singkat. Dra. ASMIDA, M. Pd adalah Kandidat Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta; S-1 bidang Pendidikan Matematika, FKIP UNRI, 1988; S-2 bidang Pendidikan Matematika, UPI Bandung, 2009; Sekarang Bertugas Sebagai Staf Bidang Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru; Pemilik dan Pendiri L2PTS; Hobbi menulis cerpen dan dongeng dimulai sejak tinggal di Bandung, disedikit waktu senggang yang dimilki diantara kesibukan sebagai mahasiswa tugas belajar Magister Bidang Pendidikan Matematika di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Kumpulan cerpen dengan cover “Sepetang Hatiku” dan beberape dongeng diantaranya “Kucing dan Harimau”, “Kancil dan anak Harimau”, “Pak Handi dan Mak Handi” sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com. Selain menulis cerpen dan dongeng, penulis juga menulis al: “Modul Integral Untuk Anak Paket C” sejak tahun 2009 akhir dan selesai tahun 2012, dimana modul ini  merupakan edisi revisi dari beberapa modul Matematika dan Integral yang ditulis sewaktu penulis masih menjadi pendidik, salah satu sub sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com dan http://learningcenterasmida.blogspot.com. Terbaru sejak tahun 2010 sampai tahun 2012, menulis buku untuk Kelompok Bermain Salah satu sub buku sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com/2012/06/dra-asmida-m-pd-matematika-sebagai-ilmu.html; Selain itu juga menulis artikel lepas, kumpulan artikel dengan cover “ Pekanbaru Menuju Kota 2 M?” sudah dipublikasikan secara terpisah di http://l2pts.blogspot.com; Hobbi lainnya al: fhotografi, menggambar abstrak, seni ukir, traveling, mendengarkan musik. Tahun 2013 aktifitas lainnya selain menulis cerpen, artikel lepas serta hobi lainnya, juga menulis materi tentang Irisan Bidang dengan Bangun Ruang, yang merupakan revisi dari modul sebelumnya, di publikasikan di  http://learningcenterasmida.blogspot.com.
 
[3] Kebulo, bahase melayu untuk menyatekan lapar berat
[4] Belapok bahase melayu untuk menyatekan sudah sangat lame

Tidak ada komentar:

Posting Komentar