Rabu, 05 Maret 2014

Dra. ASMIDA, M. Pd; Cerpen: Pantai Pasir Putih Belakang Padang



Cerpen.
Judul : Pantai Pasir Putih Belakang Padang

Oleh:

Dra. ASMIDA, M. Pd[1]
Kubiarkan butiran hujan membasahi wajahku yang semakin lelah, tak kupedulikan hujan yang semakin lebat dan lambaian pohon – pohon rimbun disekitarku. Aku tersenyum dengan diriku sendiri, senyum yang membuat uraian air mataku bagai untaian rumusan calkulus cintaku.
Hari ini bertepatan lima belas tahun kepergian belahan jiwaku Eric untuk selamanye, kecelakaan maut dalam ekspedisi itu menghantam dan meluluh lantakkan hatiku, peristiwa yang membuat tulang belulangku melemah, aku betul-betul hancur peristiwe yang tidak akan pernah terlupekan sepanjang hayat. Masih membekas diingatan betape kawan-kawan sepeguruan menguatkan hatiku utk melepaskan orang yg kusayangi, kucintai untuk pergi selamanye, saat perlahan lahan jasad belahan jiwaku masuk ke liang lahat seluruh sendi-sendiku bagai tak bergerak aku hancur.
Belum habis lukeku atas kepergian eric dalam waktu yang tidak begitu lame aku dan kawan-kawan seperjuangan harus kembali merelakan kepergian salah satu sahabat terbaik kami untuk selamanye, penyakit demam denggi mengantarkan sahabat kami kepembaringan terakhir. Bendungan air mata mengalir deras tanpa dapat kami tahan saat melihat sosok periang itu terbujur kaku, walau telah sekuat tenage untuk cube tegar namun saat orang tue ides yang langsung memeluk kami dengan pekikan tangis, bendungan air mate itu jebol juge akhirnye bukan hanye kami sahabatnye tapi juge beberape kawan kami di Karang Taruna Selatpanjang terduduk menahan isak tangis yang tak terbendung. Bagaimane tidak, baru seminggu sebelumnye kami sibuk mempersiapkan penyelesaian pembuatan ukiran khas Melayu Riau yang akan ditampilkan pada acara pameran memperingati berdirinye Provinsi Riau.
Ides merupekan salah satu anggota tim kini telah pergi dan tidak akan pernah kembali lagi, meninggalkan kami sahabatnye dan sepotong ukiran yang masih membutuhkan sentuhan yang harus kami selesaikan sebagai salah satu sisa kenangan.
“des maaf ye, aku tak tau kau betul-betul sedang sakit parah” batinku menyesali tak bisa becakap terakhir kali dengan ides yang saat itu menginginkan aku hadir dekat die, kate kawan-kawan ade yang ingindisampaikannye ya Allah…
“mak, jauhnye pandangan sampai aku masuk pun tak tedengo, kalau iyepun nengok gambo jangan tecenung macam itu” ujar aqira yg tibe-tibe udah teduduk dekat aku yang membuat aku agak tekejut.
“eh, bile engkau sampai qira tak tedengopun” ucapku tak sado aqira datang.
“ai mak... macam mane nak dengo semue bebunyi, tape bebunyi, tv becakap seorang, laptop udah tebentang, BB menantang” ucap aqira mengetawekan aku. “udah2x …. betuah engkau ape cerite engkau datang tak becakap, biase engkau belete menelpon aku kalau nak datang” ucap aku dg aqira yang tekikik kikik ketawe pojol nengok aku tekejut.
“alamak…sudahlah bangkit pelupe….” ucap Aqira “tapi dikau nyuruh aku datang untuk membicarakan draft rencana kegiatan AI di Malaysia…, yah…ade can tak jadi” ucap qira becakap sorang menengok aku yang macam tak betulang melepe tidak seperti biasenye.
“iye ke“ ucapku memegang kepale.
“maaf2x aku betul2x tak ingat, semalam balek dari Tanjung Pinang sampai umah aku langsung tetido” ucap aku same aqira.  
“iye paham…aku yakin kau baru bangun dan masih ngantuk” ucap qira memandang aku.
“Jadi lebih baik sekarang kau mandi sudah tu kite cari angin, pegi ngopi aje udah lame engkau tak mentraktir aku hehehe” ucap qira
Belum aku menjawab budak betuah tu sudah memberikan solusi lain
 “atau…macam mane kalau kite ke Belakang Padang aje, kan dikau udah lame betul tak ke pantai pasir putih sejak tinggal di Bandung” ucap qira  menambah solusi lagi sambil tesenyum senyum.
“Suaikan….” ucap Aqira lagi menengok aku tak berekspresi.
 “Suai sangat… Qira…. aku nak bekemas ni mandi cs“ ucapku sambil melempokan kunci motor kesayangan ke aqira yang diasambutnye dengan sigap.  
“kau tak nengok dulu minyak ade tidak” ujar aku dengan qira sambil berlalu.
“tak payah…aku pecaye tengki penuh…kau tukan patang nengok minyak kurang” ucap qira yang membuat kami same-same ketawe.
“iyekan…” ucap Qira sambil berlalu ke grase sementare aku bekemas.
“Jangan lame2x, mandi tarzan aje” ucap Qira mengingatkan die maklum aku kalau mandi lumayan lame hehehe aku hanye senyum dan langsung menuju ke ruang pribadi.
“Yup, kite cau..” ucap aku same Qira yang membuat die yang balek tekejut nengok aku dah rapi dengan baju kebesaran.
“ngape tekejut…” ucap aku dengan aqira yang sedang membace buku kumpulan dongeng Asmida Anak Melayu Riau, salah satu buku yang aku tulis sebagai catatan satra lisan dimasa kecil, kenangan terindah dari ayah dan mak yang telah mengajarkan sastra lisan pengantar tidur waktu aku kecik di Selatpanjang.
“saking cepatnye buku dongeng engkau ni baru due helai aku bace…” aku “udah selesai bekemas” ucapku menyambung kalimat Aqira yang membuat kami tekikik kikik ketawe.
“ini untuk aku ajelah” ucap aqira sambil menunjuk buku dongeng Asmida Anak Melayu Riau yang sedang di bacenye.
“kau ngambek yang dimane tadi Qira” ucap aku dengan Aqira
“aku ngambek yang di TBM AI” jawab Qira sambil mate tak lepas dengan buku yang dibacenye.
“tanye dengan riani dulu ape sudah diiventaris die buku tu belum, sebab baru tige hari ini selesai diperbanyak kalau sudah kau ambek aje yang diatas meja kerje aku tu” ucap aku dengan Aqira.
“lupe pulak aku menanyekan tadi” ucap Qira
“pegilah kau letakkan balek disane, ambek aje yang di meja kerje aku satu, die ade sepuluh aku asingkan untuk TBM “Pucuk Rebung Berkaluk Pakis” sudah aku tande tangan tu” ucap aku dengan Qira yang udah mencicit ke TBM AI yang hanye beberape meter dari ruang kerjeku di AI.
“auklah…kite cau…sekarang” pekik aku saat menengok aqira yang besigogeh balek dari menganto buku di  TBM AI.
Diperjalanan tidak banyak yang kami bicarakan seperti biase aku sibuk mengabadikan setiap momen begitu banyak pemandangan menarik menuju lokasi apelagi saat menuju Belakang Padang dari Sekupang dengan menggunekan pompong.
Liukan tarian ombak menghempas pompong yang membawe kami ke Belakang Padang, kunikmati setiap hempasan percitan air laut yang begitu memikat menyirami wajah dan pakaian kebesaranku celana jeans dan kaos putih lengan  pendek dengan jaket hitam kesayangan yang aku beli saat di Bandung tempat aku bermukim beberape tahun.
Tak terase kami sudah sampai di Pulau Penawar Rindu sebutan untuk Belakang Padang, aku tidak tau pasti julukan itu tapi yang pasti aku rindu pade pantai pasir putih, begitu juge aku rindu dengan pelantaran tempat orang-orang laut menambat kan rumah sampan mereke, pemandangan tiap petang yang hampir tidak pernah terlewatkan saat remajaku di Belakang Padang begitu juge lalu lintas becak, sepeda dan sepeda motor yang waktu itu hanye beberape orang yang punye salah satunye keluarga kami. Namun begitu aku lebih suke bejalan kaki kepelantaran laut yang jaraknye hanye hitungan menit dari rumah.  
Saat bernostalgia di pelantaran betape tekejutnye kami, saat tidak berape jauh dari tempat kami nongkrong seraut wajah membuyarkan pandangan kami berdua, kami terpaku dan saling berpandangan.
“As, cube tengok orang itu” ucap Qira bekali kali.
“mirip dengan alm ye, tinggi, keren betul, tengok gaya diepun hampir same tengok2x care die memegang mancis dan membako okok” ucap qira tak habis-habis mengetai saking tekejutnye.
“iye memang tapi die bukan eric, oi…sadar” ucapku sambil bergerak mengambil  gambar pompong yang menari-nari akibat kapal beso lewat, sekalian menjauh dari sosok yang jujur membuat aku merindukan sosok eric dan merasekan die hadir bersameku.
“yup Qira kite mencari becak jangan kau tenung pulak budak tu” ucapku menengok ulah  Aqira macam tak penah nengok orang.
Sambil mencari becak dengan suare yang hampir tak tedengar aku mengatekan pade Aqira yang membuat budak betuah tu menggeleng-gelengkan kepale.
“ Aku mau ke Selat Panjang beberape hari istirahat sekalian ziarah ke makam Eric, mungkin aku lanjut ke Bengkalis sudah lame juge aku tak kesane” ucapku same Qira tibe-tibe.
“la..tapi engkau kan baru balek Selat Panjang kemaren” ucap Qira 
“Kemaren tu bukan ke Selat Panjang Qira…  tapi ke Solo…yang aku cakap pade engkau tak dapat kemane-mane tu…kan kau tau jadwal AI padat, lupe engkau setelah itu aku harus terbang lagi ke Kalimantan” ucap aku lagi same Qira yang terangguk angguk pening nengok aku.
“selame aku disane kau selesaikan urusan di AI ye” ucapku lagi.
“Oh iye satu lagi gaji budak-budak tu jangan lupe dibayo tepat waktu, jangan hanye tuntutan kerje aje yang diperbanyak kebutuhan hidup mereke harus kite perhatikan”. ucapku mengingatkan Aqira
“macam manepun AI tidak akan seperti sekarang kalau tidak ade kerjesame dari mereke” ucapku mengingatkan Aqira yang mendengokan dengan serius.
“awak rindu Erickan… “ucap Qira tibe-tibe yang membuat mateku berkace-kace.
“pergilah masalah AI jangan kau pikirkan, biar aku dan kawan-kawan lain mengurusnye, kalau ade yang tak bisa kami selesaikan nanti aku hubungi” ucap Qira, yang sangat tau kondisi aku. Walau dalam hati aku membenarkan ucapan sahabatku sepanjang zaman ini, sahabat kecilku senasib sepenanggungan sejak aku di Selatpanjang sampai dah beuban sampai sekarang  tapi aku hanye diam dan bergegas menuju becak yang akan membawe kami ke Pantai Pasir Putih Belakang Padang. 

Sekianlah
Pekanbaru, 13 oktober 2013 sd 3 Maret  2014.

[1] Biodata Singkat. Dra. ASMIDA, M. Pd adalah Kandidat Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta; S-1 bidang Pendidikan Matematika, FKIP UNRI, 1988; S-2 bidang Pendidikan Matematika, UPI Bandung, 2009; Sekarang Bertugas Sebagai Staf Bidang Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru; Pemilik dan Pendiri L2PTS serta Learning Center Asmida; Hobbi menulis cerpen dan dongeng dimulai sejak tinggal di Bandung, disedikit waktu senggang yang dimilki diantara kesibukan sebagai mahasiswa tugas belajar Magister Bidang Pendidikan Matematika di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Kumpulan cerpen dengan cover “Sepetang Hatiku” dan beberape dongeng diantaranya “Kucing dan Harimau”, “Kancil dan anak Harimau”, “Pak Handi dan Mak Handi” sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com. Selain menulis cerpen dan dongeng, penulis juga menulis al: “Modul Integral Untuk Anak Paket C” sejak tahun 2009 akhir dan selesai tahun 2012, dimana modul ini  merupakan edisi revisi dari beberapa modul Matematika dan Integral yang ditulis sewaktu penulis masih menjadi pendidik, salah satu sub sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com dan http://learningcenterasmida.blogspot.com. Terbaru sejak tahun 2010 sampai tahun 2012, menulis buku untuk Kelompok Bermain Salah satu sub buku sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com/2012/06/dra-asmida-m-pd-matematika-sebagai-ilmu.html; Selain itu juga menulis artikel lepas, kumpulan artikel dengan cover “ Pekanbaru Menuju Kota 2 M?” sudah dipublikasikan secara terpisah di http://l2pts.blogspot.com; Hobbi lainnya al: fhotografi, menggambar abstrak, seni ukir, traveling, mendengarkan musik. Tahun 2013 aktifitas lainnya selain menulis cerpen, artikel lepas serta hobi lainnya, juga menulis tentang Irisan Bidang dengan Bangun Ruang, yang merupakan revisi dari modul sebelumnya, di publikasikan di  http://learningcenterasmida.blogspot.com, menulis materi matematika tentang Trigonometri dan Statistika di publikasikan di  http://learningcenterasmida.blogspot.com.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar