Kamis, 23 Mei 2013

Dra. ASMIDA, M. Pd; Cerpen. Hatiku Tak Bisa


Cerpen.
Judul: Hatiku Tak Bisa
Oleh:
Dra. ASMIDA, M. Pd[1]

Suara Novita dewi merasuk sampai ruang kerjeku di Learning Center Asmida, si rampok X faktor 2013 itu membuat aku bergerak ke ruang tengah, rupenye sanah udah balek dari dinas luar. “Udah selesai tugas di Bagan” ucapku pade sanah yang tegeletak dilantai macam tak betulang, istirahat sambil mendengarkan suare khas Novita melalui you tube. Masih ngikut juge awak, ujarku sambil membesarkan volume,  masih kak tapi sayang  Shena Malsiana, harus tersingkir dari X faktor 2013, kakak tau tak ape kate kawan aku yang di KL melalui BBMnye, “orang Indonesia ni, hanye pandai menengok penampilan luar aje, heran…?” kami di Bagan tak sangke Shena Malsiana pulak yang keluar, untunglah masih ade jagoan satu lagi yaitu Novita Dewi.
Selain mempunyai kekuatan vocal, Novita Dewi juge mempunyai mental juara, yang  diasah dari berbagai pengalaman, disetiap penampilan tetap berbenah untuk menampilkan yang terbaik. Kemampuan Novita Dewi menyanyi juga senada dengan penilaian dewan juri yang sudah malang melintang di dunia musik seperti Bebi Romeo, begitu pule dengan Ahmad Dani dan Rossa, malahan sudah ade yang go internasional seperti Anggun, yang telah bersanding dengan berbagai penyanyi-penyanyi luar negeri. Dari berbagai penilaian tersebut, rasenye  sudah seharusnye kalau Indonesia memilih Novita Dewi untuk menjadi juara X factor 2013, ucap Sanah panjang lebo. Iye betul analisa kau tu Sanah, sesuai dengan analisa kakak.
Oh iye “cerite punye cerite, udah selesai semuenye kegiatan DL kalian di Bagan”, ujar aku pade Sanah due pupuku yang sekarang tinggal di rumah bersame keluarge angkatku yang lain. “Alhamdulilah…selesai…, sekarang aku mau istirahat penuh, beberape bulan ini aku begitu penat …. Memang butuh kosentrasi tinggi dalam setiap keputusan yang aku buat” ujar Sanah melepe. “ Tapi kalian kan ade tige orang? ujarku menimpali, iye memang, tapi akak taulah kalau yang parah-parah budak – budak tu pening, itulah yang membuat aku mabuk, semue harus aku pertimbangkan berbagai aspek kedepan yang mungkin tidak mampu dijangkau oleh sebagian orang. Itulah yang berat kak? Kalau yang biase-biase aje bisa dilepas dengan budak bedue tu. Betul tu Sanah sedangkan kakak aje yang udah malang melintang ni aje, kadang-kadang ade aje yang silap atau kecolongan kate orang sekarang, apelagi yang masih baru.
Memang boring rasenye, kakak tau tak, sudah jelas anaknye bermasalah bekeras juge nak memasukkan anaknye ke lembaga pendidikan, tak paham-paham dijelaskan, sekarang orang mau serba instan dan cendrung memaksakan berbagai kehendak dengan berbagai cara. Akhirnye setelah beberape kali mendengarkan penjelasan dari aku dan pimpinan serte salah seorang kawan, mengape tidak bisa diterime, baru die paham. Ya Allah mengapelah orang tu bebal betul, sedangkan diajo elok aje kadang-kadang hasil tak elok, apelagi diajo tak elok. Sudah tu sedap aje orang tu becakap, “namenye juge usaha buk”.
“Syukurlah dikau tidak kehilangan jati diri”. Iye kak, aku selalu ingat pesan kakak, aku selalu berusaha semaksimal mungkin, untuk memperkecil kekeliruan hingga mendekati nol dengan menelaah berbagai aspek, disetiap tugas yang di amanatkan pade aku apepun situasinye. Terakhir aku kembalikan semuenye ke pade Allah, sang maha mengetahui. Aku tidak mampu berpaling, hatiku tak bisa.
Sekianlah
Pekanbaru, 17 Mei 2013 s.d 23 Mei 2013


[1] Biodata Singkat. Dra. ASMIDA, M. Pd adalah Kandidat Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta; S-1 bidang Pendidikan Matematika, FKIP UNRI, 1988; S-2 bidang Pendidikan Matematika, UPI Bandung, 2009; Sekarang Bertugas Sebagai Staf Bidang Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru; Pemilik dan Pendiri L2PTS; Hobbi menulis cerpen dan dongeng dimulai sejak tinggal di Bandung, disedikit waktu senggang yang dimilki diantara kesibukan sebagai mahasiswa tugas belajar Magister Bidang Pendidikan Matematika di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Kumpulan cerpen dengan cover “Sepetang Hatiku” dan beberape dongeng diantaranya “Kucing dan Harimau”, “Kancil dan anak Harimau”, “Pak Handi dan Mak Handi” sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com. Selain menulis cerpen dan dongeng, penulis juga menulis al: “Modul Integral Untuk Anak Paket C” sejak tahun 2009 akhir dan selesai tahun 2012, dimana modul ini  merupakan edisi revisi dari beberapa modul Matematika dan Integral yang ditulis sewaktu penulis masih menjadi pendidik, salah satu sub sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com dan http://learningcenterasmida.blogspot.com. Terbaru sejak tahun 2010 sampai tahun 2012, menulis buku untuk Kelompok Bermain Salah satu sub buku sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com/2012/06/dra-asmida-m-pd-matematika-sebagai-ilmu.html; Selain itu juga menulis artikel lepas, kumpulan artikel dengan cover “ Pekanbaru Menuju Kota 2 M?” sudah dipublikasikan secara terpisah di http://l2pts.blogspot.com; Hobbi lainnya al: fhotografi, menggambar abstrak, seni ukir, traveling, mendengarkan musik. Tahun 2013 aktifitas lainnya selain menulis cerpen, artikel lepas serta hobi lainnya, juga menulis materi tentang Irisan Bidang dengan Bangun Ruang, yang merupakan revisi dari modul sebelumnya, beberape telah di publikasikan di  http://learningcenterasmida.blogspot.com.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar