Senin, 28 Januari 2013

Dra. ASMIDA, M. Pd; Cerpen:Judul: Karena Die Adalah Gairahku


Cerpen:
Judul: Karena Die Adalah Gairahku
Oleh:
Dra. ASMIDA, M. Pd[1]


Tak mampu ketepis butir bening disudut mate, berbagai perasaan campur aduk, saat lembar demi lembar dongeng “Gajah dan Putri Siti Padang Toga” terpapar membentang dihadapanku. Bayangan mak dan ayah saat menceritekan cerite rakyat yang merupekan sastra lisan tersebut, seakan hadir dipelupuk mate. Aku terpaku bagai memutar long term memoryku waktu masih kecil di Selatpanjang, saat itu ayah dan mak masih bersame, sebelum balak macet sekitar tahun 70an keatas. Kami berpisah,  aku bersame mak dan kakakku menetap di Selatpanjang sedang abang dan kakakku yang lain ade yang di Bengkalis dan Kota Lama Pasirpangaraian dengan ayah. Walau tidak lagi sering berjumpe, namun kedatangan ayah walau beberape hari mengunjungi kami, khususnye aku selalu kami habiskan untuk mendiskusikan berbagai masalah, yang paling sering kami bincangkan mengenai masalah politik, hukum, agama yang ditinjau dari berbagai pandangan.
Suara tangis Keisa Suprayogi terdengar dari ruang kerjeku di Learning Center Asmida yang hanye berjarak beberape meter, rupanya Ratu Meranti sudah haus, waktunye mau minum susu, setelah tadi tertidur pulas dikelilingi orang yang menyayangi dan mencintainye. 
Sambil beranjak ke tepi jendela, kubace lagi sepintas dongeng terlame yang aku tulis sejak tahun 2007, saat aku menjelajahi kota kembang Bandung dan menetap beberape tahun disane. Aku bersyukur setelah melalui proses revisi beberape kali akhirnye aku dapat mempersembahkan kumpulan dongeng masa kecilku bertepatan 10 tahun wafatnye Ibunda hj. Tengku Sribanun tanggal 13 Januari 2013, hari minggu dan 24 tahun wafatnye ayahanda H. Raja Muda Depang, tanggal 4 November 2013 hari senin.  Ya Allah,……. aku rindu. Air mate membasahi wajahku yang tidak mude lagi dimakan usia, namun aku tidak peduli itulah perjalanan, semuenye akan berubah. Memang tidak ade yang abadi, kecuali keabadian itu sendiri.
Lagu melayu Pekanbaru “Ku Ingat Selalu” yang dibawekan M. Hasan, menyeruak menemani nalarku dalam tumpukan buku yang lumayan berserak, salah satunye buku salah satu idolaku sejak kecil, yang lumayan banyak yaitu Ir. Soekarno, presiden pertama republik ini yang kalau kita mau jujur sangat sulit atau tidak akan tergantikan kecerdasan, begitu pule pola pikir kedepan yang luar biasa dimilikinye. Ir. Soekarno pemimpin dunia tersebut,  tetap hidup walau masa dan generasi terus berganti, bukan hanya di Indonesia.
Idolaku yang lain adalah Margaret Thatcher, yang aku  kenal dari pidatonye melalui TV 3 Malaysia dan TV Singapore yang sering kami tonton di Selatpanjang, begitu pule dengan BJ. Habibie, salah satu sumber inspirasiku untuk  memandang dunia saat masih remaja hingga sekarang.  Buku lainnye yang lumayan banyak jumlahnye yang ditulis drh. Chaidir, MM dalam berbagai versi, pokoknye lumayan lengkap,  abang kami ini memang hebat, beberape kali berjumpe saat acara keluarga, walau sesaat kami sempat mengulas beberape tulisan.
 Selain itu ade juge buku tentang sang visioner H. M. Rusli Zainal, SE, MP, yang sengaje aku ambil dari di TBM “Pucuk Rebung Berkaluk Pakis”. Buku menarik, yang menggambarkan konsep dan implementasi seorang  Rusli Zainal dalam membangun Bumi Lancang Kuning Riau, untuk mengejar ketertinggalan Riau dan menjadikan Riau salah satu daerah yang harus diperhitungkan dimasa akan datang, dan cita-cita itu nampaknye sudah hampir terwujud.
Selain itu terdapat juge antara lain koleksi artikel, cerpen, majalah maupun buku lainnye untuk anak sekolah baik dari tingkat paud formal maupun non formal, sekolah menengah sampai perguruan tinggi, antara lain kumpulan dongeng yang sekarang bertambah satu lagi tentunye dongeng “Gajah dan Putri Siti Padang Toga”, dongeng terlame yang aku tulis, buku manajemen, buku matematika, buku tentang agama, buku filsafat, buku psikologi. Dari seluruh buku yang terbanyak tentunye buku matematika, karena die adalah gairahku.  
Sekianlah
Pekanbaru, 13 Januari 2013 s.d 28 Januari 2013


[1] Biodata Singkat. Dra. ASMIDA, M. Pd adalah Kandidat Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta; Pemilik dan Pendiri L2PTS; Sekarang Bertugas Sebagai Staf Bidang Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru; Hobbi menulis cerpen dan dongeng dimulai sejak tinggal di Bandung, disedikit waktu senggang yang dimilki diantara kesibukan sebagai mahasiswa tugas belajar Magister Bidang Pendidikan Matematika di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Kumpulan cerpen dengan cover “Sepetang Hatiku” dan beberape dongeng diantaranya “Kucing dan Harimau”, “Kancil dan anak Harimau”, “Pak Handi dan Mak Handi” sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com. Selain menulis cerpen dan dongeng, penulis juga menulis “Modul Integral Untuk Anak Paket C” sejak tahun 2009 akhir, dimana modul ini  merupakan edisi revisi dari beberapa modul Matematika dan Integral yang ditulis sewaktu penulis masih menjadi pendidik.  Terbaru sejak tahun 2010 sampai sekarang tahun 2012 masih tahap revisi akhir, menulis buku untuk Kelompok Bermain Salah satu sub buku sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com/2012/06/dra-asmida-m-pd-matematika-sebagai-ilmu.html; Selain itu juga menulis artikel lepas, kumpulan artikel dengan cover “ Pekanbaru Menuju Kota 2 M?” sudah dipublikasikan secara terpisah di http://l2pts.blogspot.com; Hobbi lainnya al: fhotogrefer, menggambar abstrak, seni ukir, traveling, mendengarkan musik.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar