Minggu, 23 Desember 2012

Dra. ASMIDA, M. Pd; Mengamati Lingkungan: Salah Satu Media Komunikasi Lisan Anak


MENGAMATI LINGKUNGAN: SALAH SATU MEDIA KOMUNIKASI LISAN ANAK

Oleh:
Dra. ASMIDA, M. Pd

Staf Bidang Pengembangan PLS Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru;

Mengamati lingkungan tanpa kite sadari dapat dijadikan awal media komunikasi pembelajaran anak dalam mengemukakan yang dia rasakan atau alami dengan bahasa anak sendiri. Sederhana memang tapi tidak sesederhana mengatakannya, mungkin tidak kite sadari pernah kite lakukan pade kegiatan sehari-hari. Berikut adalah beberape penggal dialog contoh pembelajaran tersebut yang penulis rangkum sebagai berikut:
Setelah besalam, dan menceritekan bahwa Aji nilainye bagus dan sudah belajar B. Inggris, penulispun mengambil piring untuk makan siang sambil mendengarkan die bercerite dengan ibuYantinye,  “Berenang,  bukak baju pakai kolor aje”. Percakapan Aji[1] dengan ibu yantinye yang merupekan adik bungsu dari papa Aji. “Papa berenang tak?” Tanye penulis sambil menyenduk nasi yang tak berape jauh dari tempat Aji becakap-cakap “tidak, papa duduk aje, mami nengok dari atas”. “hati-hati” ujar penulis lagi. “Dalam?” ujar kemenakan penulis yanti, “kan ade untuk anak-anak” ujar penulis menimpali.“Tinggi ji? Kolam dekat mane? ujar Yanti. “Kolam di lantai 5 (lime)” ucap Aji, “turunlah tu”, iye pakai kartu juge dari kamar kami nomor (sambil menyebutkan nomornye) ujar Aji menjelaskan sambil hilir mudik membawe kartu hotel bewarna hitam.
Aji nginap di hotel mane? Nginap di hotel Priemer…dekat mane tu? “Tak tau”, jl. Sudirman tak? ujar penulis. “Ceritekanlah lagi macam mane hotel tu, besok guru betanye libur kemane Aji”? Ujar penulis sambil menyantap makan siang. “Ade lif pakai tekan nomor, semue pakai kartu, kalau tidak pakai kartu, kamar hotel tak bisa dibukak”. Semue pakai kartu kalau tak tekurung, nih hah kartunye dan menunjukkan kartu kamar hotel. Hah inikan ade alamatnye ujar penulis menunjukkan sambil membaca, Jl. Sudirman. Kalau  Aji datang dulu  nginap di hotel mane? tanye ibu Yantinye. Kalau  dulu di hotel (menyebutkan salah satu name hotel) “tidak …biase aje”, ujar Aji dengan logat Rengatnye.
Dari paparan singkat diatas, walau hal tersebut tidak berlaku untuk semue anak, karena masing-masing anak mempunyai karakter yang berbeda namun kegiatan tersebut, merupekan salah satu contoh pembelajaran singkat yang penulis lakukan disela makan siang (walaupun tidak siang lagi). Dari kegiatan tersebut, terjadi komunikasi lisan antare beberape arah seperti penulis dengan Aji, maupun aji dengan ibu yanti, begitu pule sebaliknye  berape banyak  kosa kata yang telah diperoleh Aji, begitu juge kite melihat Aji mampu mengamati lingkungannye dan menceritekan kembali hasil pengamatan tersebut dan menyimpulkan ape yang dilihatnye, kemudian die juge mampu membandingkan kelebihan antara due tempat.

Sekianlah
Pekanbaru, 23 Desember 2012


[1] Aji adalah cucu penulis (anak dari kemenakanda Hendri), yang berlibur ke Pekanbaru bersame papa, mami dan adek pade hari minggu, 23 Desember 2012. Aji sekarang duduk dikelas 2 di salah satu SD di Rengat. Dari pengamatan penulis sewaktu Aji kecil, kemudian di TK, sudah aktif bergerak, iye juge suke menyanyikan lagu ST 12, tertarik pade laptop dan pandai mematikan dan menghidupkan kembali, setelah penulis ajarkan rasenye tak sampai due kali, juge pandai mengetik di laptop (disela kesibukan penulis bekerja), selain itu iye juge tertarik membedakan beberape bentuk huruf dan angka dilaptop, biasenye kalau sudah selesai die akan melihat penulis dan tersenyum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar