Sabtu, 29 Desember 2012

Dra. ASMIDA, M. Pd; Cerpen Judul: Dihatiku Selamanya


Cerpen[1].
Judul: Dihatiku Selamanya
Oleh:
Dra. ASMIDA, M. Pd[2]
Staf Bidang Pengembangan PLS Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru

Beberape hari ini aku sibuk menyelesaikan senarai satu tahun perjalanan L2PTS, namun setelah merenung aku belum menemukan ape kalimat penutup yang menggambarkan menapaknya L2PTS. Kuhela napas perlahan, kemudian kutarik kursi kayu yang duduk manis disudut di lembaga cintaku “Learning Center Asmida”, yang dibentuk antara lain sebagai salah satu wadah inovasi pengembangan “Lembaga Pendidikan Putri Tengku Sribanun (L2PTS)” dari masa ke masa, dalam berbagai aspek pendidikan khususnye pendidikan masyarakat selain itu juge sebagai pengembangan model pembelajaran Matematika Realistik.
Akhirnye  setelah  berape jam teduduk dan temenung, catatan singkat sebagai penutup di senarai L2PTS yang juge sebagai ultah yang pertame serta sekaligus menyambut pergantian tahun Masehi dari tahun 2012 ke tahun 2013, selesai juge, aku menulis kalimat berikut, “walau tidak dirayekan secara khusus, saye ingin mengatekan, belum banyak yang kite perbuat secara umum ditahun pertama berdirinye L2PTS, kite memang masih imut dan sedang lucu-lucunye, namun dengan sumber daya manusia yang bersumber daya yang kite miliki, yang terus ditata di L2PTS melalui “Learning Center Asmida”, saye mempunyai keyakinan kite akan lebih maju dan akan lebih menapak, tak peduli apepun bentuk persaingan yang akan dihadapi, kite punye jiwa mandiri”.
Tak terasa jam sudah menunjukkan pukul 10. 46 wib, patutlah perutpun sudah mulai terase lapar, sebenarnye inilah kebiasaan burukku, sering lupe makan kalau sudah didepan laptop comelku, salah satu laptop kesayangan yang aku beli saat tinggal di Bandung. Sementare dibelakang, kak inur masih sibuk  menyelesaikan tugas rutinnye mencuci pakaian seperti biase, untung ade mesin cuci jadi agak terbantu mengeringkannye, kak inur sudah seperti keluarge sendiri, die bekerje dengan kami semenjak mak masih ade, sudah lame sekali puluhan tahun.
Dari lantai atas sayup-sayup terdengar  lagu melayu yang distel kak nur disaat die bekerje seperti biasenye, suare Iyet Bustami penyanyi kebanggaan Riau memenuhi ruangan, yang sudah lame berkiprah di Jakarta dan semakin mantap dengan laksamana raja dilautnye, oh iye ade satu lagi lagu Iyet yang aku cube hapal yaitu lagu tentang Danau Raja, yang terdapat di Rengat Provinsi Riau. Walau sedikitpun tak mampu menyamai suare Iyet, tapi jadilah untuk menghibur diri sendiri, masalahnye kalau menghibur pemirsa yang lain semue pade lari, bukan ape, suare terlampau tinggi hehehe….
 Lagu Danau Raja masih mengalun dengan indahnye, saat kulirik jam bonia ditangan kiriku, ternyate  hari sudah mulai tinggi, walau cuace diluar agak redup nampaknye. Aku segera bangkit, untuk mengambil sketsa ulang ruang khususku di “Learning Center Asmida”, yang kemaren saat peninjauan penempatan tempat baca, komputer beserta perangkatnye, beserta tempat menulis, menggambar, tempat TV, serta peralatan musik belum terintegrasi dengan sempurna.
Aku harus benar-benar kosentrasi pade penataannye, inilah inovasiku di sedikit waktu senggang yang kupunyai, disela istirahatku dari berbagai kegiatan rutin sepanjang hari. Kalau kantor pusat sejak awal penanganannye sudah aku percayekan pade kemenakanku Farida dan Yanti, sedang aku hanya menangani pengambilan keputusan puncak secara keseluruhan. Begitu pule rencana kantor cabang di Selat Panjang yang akan dikelola langsung oleh kemenakanku Icuk dan Anggi namun tetap dibawah pengawasan penanggung jawab kakakku Asmiwati, yang telah malang melintang diurusan perusahaan sejak tahun 70an. Melalui kak sumi (biase kami memanggil) saye dan dirman belajar care mengisi pembukuan (walau saye waktu itu masih duduk di bangku SD Negeri 3 Selatpanjang).
Besok aku akan berangkat ke Tanjung Pinang menghabiskan mase cuti tahunan sambil nak mengingat kenangan di Pulau Penyengat beberape tahun silam bersame mak, aku, wisma, joyah, anggi, wati, yuni, aji, joti, yudi dan beberape keluarge lain yang ikut waktu itu. Tahun ini kami berserakan dalam menyambut tahun baru 2013, ade yang ke Tanjung Pinang, Batam seperti kakakku Vini, ade pulak yang tetap tinggal di Pekanbaru maupun ke luar Pekanbaru,  lumayan beberape hari ini untuk menikmati berbagai wisata walau secara pribadi sebetulnye aku sangat jarang merayekannye apelagi akhir-akhir ini kesibukan yang luar biase padat, tanpe disadari tak mampu menyisakan waktu, namun itulah hidup dan aku menikmatinye.
Kini saat penghujung tahun 2012 yang hanya tinggal menghitung hari, aku terpaku menatap indahnya kuasa Allah sang penguasa jagat raya beserta isinya, dengan perhitungan Matematika yang maha teliti, yang nampak maupun tersembunyi, seperti kecilnya pesawat terbang yang melintas dari kejauhan disudut pandang yang mendekati nol dengan jarak yang menuju tak hingga dalam perjalananku menuju ke bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, yang sangat menawan setelah direnovasi dengan ilmu pengetahuan yang tinggi, dengan berbagai perhitungan matematika dan perbandingan yang sepadan.  
Aku tersenyum dan memandang jauh lurus kedepan, Matematikaku memang tidak akan pernah mati seperti tidak pernah matinya rasa sayang dan cintaku dengannye, tak akan hilang dalam setiap detik nafas kehidupan di setiap sudutnye, membentang dalam luas yang tak terhingga, dan semakin menantang berbagai tingkatan sigma, halus…..terlukis dalam irisan ruang menari dalam gerak kaku yang manis yah….cintaku yang tetap ada dan tak akan pernah hilang selamanya, matematikaku yang tanpa disadari kehadirannya tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari walau hanya untuk secuil hitungan membeli lade atau kueh keripap.
Kini saat kulihat perjalanan puluhan tahun, saat badan masih kuat memanjat jembatan ke sungai tohor kepulauan meranti sekarang, dengan beraninye menantang ombak laut menyusuri tepian bakau yang tumbuh subur menahan sepak terjang gelombang laut dengan sampan kecik,  yang menari tegoncang angin laut demi menyelesaikan tugas akhir di SMA Negeri 1 Selatpanjang.
Tugas akhir sekolah pade mata pelajaran biologi, yang diberikan guruku ibu Nelce Kalalo, yang aku pilih tentang tumbuhan bakau.  Biologi merupekan mata pelajaran favoritku selain Fisika dan tentunye Matematika (yang sudah aku cintai dari kecil, saat aku masih imut bukanlah masa yang singkat, namun kecintaanku  menyentuhnya dengan halus  pada lembaran tanah menggunakan  pensil ranting yang kutemui didekat rumah, dan menikmati setiap rangkaian yang kutemukan, pada akhirnya aku tau itulah bahagian dari geometri ) terutame materi Kalkulus dan Geometri yang merupekan materi yang paling aku sukai.
Akhirnye aku sampai juge ke Tanjung Pinang, walau angin agak kencang, dan ombak tidak bisa diprediksi aku tetap menyeberang ke Pulau Penyengat yang semakin menambah inspirasiku untuk terus bekarya. Hembusan angin laut Pulau Penyengat terus menyapa dan menyapu  ramah wajahku yang tidak semuda dulu lagi, aku tidak tau sudah berape lame aku menatap laut dan para nelayan yang mencari kehidupan di samudra rezeki.
Kubiarkan aje jilbab merahku melambai lambai oleh tarian angin laut, ada rindu yang menyelinap dalam tatapan bayangan air laut,  hadir menggoda dipelupuk mata , semakin menghentak jiwaku untuk bersama, kutepis bayang itu walau aku ingin merangkulnya,  menyatu hangat dalam irama nafas bagai hentakan kapal pompong,  merangkak lembut  dan membelah diantara kejaran indahnya irama laut, kutepis bayangan itu, aku tau itu tidak mungkin terulang lagi, kau sudah disana ditempat yang berbeda, alam yang berbeda, tapi aku tau kau selalu bersameku, dihatiku selamanya.

Sekianlah
Pekanbaru, 29 Desember 2012 s.d 30 Desember 2012; 0.05 Wib hari Minggu.



[1] Diinspirasi dari perjalanan menapak satu tahun berdirinye L2PTS.
[2] Dra. ASMIDA, M. Pd adalah Kandidat Doktor Manajemen Pendidikan Universitas Negeri Jakarta; Pemilik dan Pendiri L2PTS; Sekarang Bertugas Sebagai Staf Bidang Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru; Hobbi menulis cerpen dan dongeng dimulai sejak tinggal di Bandung, disedikit waktu senggang yang dimilki diantara kesibukan sebagai mahasiswa tugas belajar Magister Bidang Pendidikan Matematika di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Kumpulan cerpen dengan cover “Sepetang Hatiku” dan beberape dongeng diantaranya “Kucing dan Harimau”, “Kancil dan anak Harimau”, “Pak Handi dan Mak Handi” sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com. Selain menulis cerpen dan dongeng, penulis juga menulis “Modul Integral Untuk Anak Paket C” sejak tahun 2009 akhir, dimana modul ini  merupakan edisi revisi dari beberapa modul Matematika dan Integral yang ditulis sewaktu penulis masih menjadi pendidik.  Terbaru sejak tahun 2010 sampai sekarang tahun 2012 masih tahap revisi akhir, menulis buku untuk Kelompok Bermain Salah satu sub buku sudah di publikasikan di http://l2pts.blogspot.com/2012/06/dra-asmida-m-pd-matematika-sebagai-ilmu.html; Selain itu juga menulis artikel lepas, kumpulan artikel dengan cover “ Pekanbaru Menuju Kota 2 M?” sudah dipublikasikan secara terpisah di http://l2pts.blogspot.com; Hobbi lainnya al: fhotogrefer, menggambar abstrak, seni ukir, traveling, mendengarkan musik.

Minggu, 23 Desember 2012

Dra. ASMIDA, M. Pd; Mengamati Lingkungan: Salah Satu Media Komunikasi Lisan Anak


MENGAMATI LINGKUNGAN: SALAH SATU MEDIA KOMUNIKASI LISAN ANAK

Oleh:
Dra. ASMIDA, M. Pd

Staf Bidang Pengembangan PLS Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru;

Mengamati lingkungan tanpa kite sadari dapat dijadikan awal media komunikasi pembelajaran anak dalam mengemukakan yang dia rasakan atau alami dengan bahasa anak sendiri. Sederhana memang tapi tidak sesederhana mengatakannya, mungkin tidak kite sadari pernah kite lakukan pade kegiatan sehari-hari. Berikut adalah beberape penggal dialog contoh pembelajaran tersebut yang penulis rangkum sebagai berikut:
Setelah besalam, dan menceritekan bahwa Aji nilainye bagus dan sudah belajar B. Inggris, penulispun mengambil piring untuk makan siang sambil mendengarkan die bercerite dengan ibuYantinye,  “Berenang,  bukak baju pakai kolor aje”. Percakapan Aji[1] dengan ibu yantinye yang merupekan adik bungsu dari papa Aji. “Papa berenang tak?” Tanye penulis sambil menyenduk nasi yang tak berape jauh dari tempat Aji becakap-cakap “tidak, papa duduk aje, mami nengok dari atas”. “hati-hati” ujar penulis lagi. “Dalam?” ujar kemenakan penulis yanti, “kan ade untuk anak-anak” ujar penulis menimpali.“Tinggi ji? Kolam dekat mane? ujar Yanti. “Kolam di lantai 5 (lime)” ucap Aji, “turunlah tu”, iye pakai kartu juge dari kamar kami nomor (sambil menyebutkan nomornye) ujar Aji menjelaskan sambil hilir mudik membawe kartu hotel bewarna hitam.
Aji nginap di hotel mane? Nginap di hotel Priemer…dekat mane tu? “Tak tau”, jl. Sudirman tak? ujar penulis. “Ceritekanlah lagi macam mane hotel tu, besok guru betanye libur kemane Aji”? Ujar penulis sambil menyantap makan siang. “Ade lif pakai tekan nomor, semue pakai kartu, kalau tidak pakai kartu, kamar hotel tak bisa dibukak”. Semue pakai kartu kalau tak tekurung, nih hah kartunye dan menunjukkan kartu kamar hotel. Hah inikan ade alamatnye ujar penulis menunjukkan sambil membaca, Jl. Sudirman. Kalau  Aji datang dulu  nginap di hotel mane? tanye ibu Yantinye. Kalau  dulu di hotel (menyebutkan salah satu name hotel) “tidak …biase aje”, ujar Aji dengan logat Rengatnye.
Dari paparan singkat diatas, walau hal tersebut tidak berlaku untuk semue anak, karena masing-masing anak mempunyai karakter yang berbeda namun kegiatan tersebut, merupekan salah satu contoh pembelajaran singkat yang penulis lakukan disela makan siang (walaupun tidak siang lagi). Dari kegiatan tersebut, terjadi komunikasi lisan antare beberape arah seperti penulis dengan Aji, maupun aji dengan ibu yanti, begitu pule sebaliknye  berape banyak  kosa kata yang telah diperoleh Aji, begitu juge kite melihat Aji mampu mengamati lingkungannye dan menceritekan kembali hasil pengamatan tersebut dan menyimpulkan ape yang dilihatnye, kemudian die juge mampu membandingkan kelebihan antara due tempat.

Sekianlah
Pekanbaru, 23 Desember 2012


[1] Aji adalah cucu penulis (anak dari kemenakanda Hendri), yang berlibur ke Pekanbaru bersame papa, mami dan adek pade hari minggu, 23 Desember 2012. Aji sekarang duduk dikelas 2 di salah satu SD di Rengat. Dari pengamatan penulis sewaktu Aji kecil, kemudian di TK, sudah aktif bergerak, iye juge suke menyanyikan lagu ST 12, tertarik pade laptop dan pandai mematikan dan menghidupkan kembali, setelah penulis ajarkan rasenye tak sampai due kali, juge pandai mengetik di laptop (disela kesibukan penulis bekerja), selain itu iye juge tertarik membedakan beberape bentuk huruf dan angka dilaptop, biasenye kalau sudah selesai die akan melihat penulis dan tersenyum.

Rabu, 19 Desember 2012

Dra. ASMIDA, M. Pd. Lomba Mewarnai: Suatu Ajang Kreativitas Anak Usia Dini










Lomba Mewarnai: Suatu Ajang Kreativitas Anak Usia Dini



oleh:
Dra. ASMIDA, M. Pd
Staf Bidang Pengembangan PLS Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru



Lomba mewarnai bukanlah hal yang baru, atau yang pertama diikuti anak atau lembaga kelompok bermain, namun secara umum kejadian saat mengikuti perlombaan pada tahun sebelumnya tidak merupakan pembelajaran bagi orang tua dan guru pendamping yang anaknya ikut bertanding untuk mempercayai kemampuan anak dan membiarkan mereka berkompetisi sesuai kemampuannya, sedangkan orang tua dan guru pendamping hanya melihat dari jarak tertentu, sehingga memudahkan panitia saat membutuhkannya, misal kalau anak tiba-tiba tidak mau ikut lomba walau sudah dipujuk atau saat anak mau kekamar mandi dsbnya.
 Hasil pengamatan pada acara lomba mewarnai pada kelompok PAUD di Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru tanggal 18 Desember 2012 seperti ada anak yang terpaksa selesai duluan sebelum lomba mewarnai dimulai, karena terus-terusan menangis (maklum anak-anak) ditinggal guru pendamping dan orang tua yang tidak boleh mendekati arena lomba.
 Ada juga sekelompok anak paud yang sudah tidak sabar untuk mulai mewarnai padahal belum ada aba-aba, mungkin karena mereka sudah siap membuat nama dan nomor pada dada masing-masing, malahan ade seorang anak yang membantu menuliskan name dan nomor kawannye. Yang lucunya lagi ada yang menulis name sendiri padahal bukan nama si anak. Penulis mengetahui sewaktu menanyakan nama anak tersebut, langsung dijawab oleh guru pendamping bahwa yang ditulis itu bukan nama anak tersebut, dia belum pandai membaca, “tak apa-apa memang mereka belum boleh diajarkan membaca”, ade juge yang menulis nomornye sendiri walau terbalik.
Saat acara lomba mewarnai akan dimulai, desakan beberape orang tua anak  maupun guru pendamping untuk mendekati anak semakin sulit ditahan, ade yang mau mengabadikan dalam berbagai dokumentasi maupun menunjukkan warna yang akan dipilih anak, setelah beberape kali panitia memperingatkan barulah agak mereda sedikit.
Ada juga beberape anak yang begitu tekun mewarnai walaupun waktu hampir habis, malahan ade satu anak menurut pengamatan penulis, tetap meneruskan pekerjaannya tanpa mempedulikan kawan-kawannye yang lain sudah selesai, malahan sianak dari salah satu paud tersebut tetap meneruskan mewarnai bahagian gambar yang belum selesai walau dikerumuni oleh kawan-kawannya yang sudah siap duluan. Menurut hemat penulis kalau juri atau tim penilai jeli memperhatikan, sianak berpeluang mendapatkan tiga besar.
Namun terlepas dari prestasi yang akan dicapai, sesungguhnya prestasi sebenarnya menurut penulis yang juga merupakan salah satu panitia pada kegiatan tersebut, adalah saat anak mampu membedakan berbagai macam warna seperti merah, hitam, kuning, merah jambu, hijau dan sebagainya, sebagai salah satu proses berpikir mereka akan warna dan menuangkan berbagai warna ke dalam gambar yang diperlombakan untuk diwarnai. Hal tersebut merupakan pengenalan anak secara dini akan padu padannya warna yang dalam matematika disebut kombinasi.
Dari hasil pantauan dilapangan, banyak diantara orang tua yang menginginkan sianak mewarnai sesuai selera mereka, dengan berbagai cara mereka lakukan untuk ikut membantu anak, hal tersebut bukan membuat semakin bagus tapi malahan membuat anak bingung, walau sudah ditegur dan penulis katakan biarkan aja dia mewarnai sendiri, “anak ibuk berbakat”, namun orang tua mengatakan antara lain, dia payah mencari warna atau dia hanya menunjukkan misal warna hijau. Pujian penulis pada sianak bukanlah basa basi, selai hobi menggambar abstrak juga pengalaman puluhan tahun menjadi pendidik dan berkecimpung dalam dunia pendidikan biasanya hal tersebut jarang meleset. Kalau memakai istilah mbak Ira saat kami berdiskusi tentang materi komputer maupun berbagai masalah dilapangan untuk kemajuan peserta didik,  mbak ira mengatakan, “ Ida (mbak Ira biasa memanggil aku) jiwanya guru”.
Rupanya kejadian tersebut tidak jauh beda dengan lomba mewarnai pada tingkat TK dan SD, dari hasil pengamatan setelah selesai acara lomba mewarnai di Paud, kejadian memperingatkan orang tua karena menujukkan anak tetap ada, yang penulis simpulkan “kalau anak ibuk nanti menang, ape kate orang”
Menurut penulis, kepercayaan yang kurang pada kemampuan sianak, membuat ajang yang seharusnya menjadi lomba mengembangkan kreativitas diusia yang dini, bisa menjadi ajang ketidak percayaan diri atau kegelisahan. Kita sering lupa masing – masing anak mempunyai karakter yang berbeda, dengan event inilah salah satunya dapat mengurangi kebingungan anak saat di keramaian, ketakutan saat orang tua atau guru pendamping tidak didekatnya dsbnya, begitupula makna ketepatan waktu yang berangsur coba dipahami ke anak sejak usia dini. Jadi bukan hanya mencari juara, karena didalam lomba harus ada menang dan kalah, karena kalau semuanya menang berarti tidak ada yang kalah begitu pula kalau semuanya kalah berarti tidak ada yang menang. Hal tersebutlah yang harus dipahami oleh orang tua khususnya maupun guru pendamping.


Beberape temuan dilapangan ada anak yang gambarnya menurut hemat penulis bagus, tapi sayang tiba-tiba sambil tetap mewarnai dia menangis sehingga tidak  bisa meneruskan mewarnai gambar yang tersisa, walau sang ibu sudah berusaha menenangkannya pun tidak bisa bertahan lama, menurut sang ibu yang kebetulan tidak berape jauh dari penulis saat acara tinggal menghitung menit, “karena kawan-kawannya sudah banyak selesai” dan mungkin menurut hemat penulis sianak takut ditinggalkan karena melirik kiri kanannya sudah siap, sehingga salah satu ekspresinya ya menangis, meronta-ronta tak bisa lagi dihentikan.
Masa akan datang kegiatan lomba mewarnai khususnya yang merupakan salah satu ajang menumbuhkan kretivitas anak usia dini, lebih tertata lagi dalam berbagai aspek, sehingga diharapkan dapat mengurangi kegelisahan anak-anak saat lomba, begitu pula pemahaman pada orang tua maupun guru pendamping akan hakekat dari ajang kreativitas tersebut.

Sekianlah

Pekanbaru, 18 Desember 2012 s.d 19 Desember 2012.
Selamat memperingati hari ibu, 19 Desember 2012 di Pekanbaru - Provinsi Riau.