MENGAMATI LINGKUNGAN: SALAH SATU MEDIA
KOMUNIKASI LISAN ANAK
Oleh:
Dra.
ASMIDA, M. Pd
Staf
Bidang Pengembangan PLS Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru;
Mengamati
lingkungan tanpa kite sadari dapat dijadikan awal media komunikasi pembelajaran
anak dalam mengemukakan yang dia rasakan atau alami dengan bahasa anak sendiri.
Sederhana memang tapi tidak sesederhana mengatakannya, mungkin tidak kite
sadari pernah kite lakukan pade kegiatan sehari-hari. Berikut adalah beberape
penggal dialog contoh pembelajaran tersebut yang penulis rangkum sebagai
berikut:
Setelah
besalam, dan menceritekan bahwa Aji nilainye bagus dan sudah belajar B. Inggris,
penulispun mengambil piring untuk makan siang sambil mendengarkan die bercerite
dengan ibuYantinye, “Berenang, bukak baju pakai kolor aje”. Percakapan Aji[1] dengan ibu yantinye yang
merupekan adik bungsu dari papa Aji. “Papa berenang tak?” Tanye penulis sambil
menyenduk nasi yang tak berape jauh dari tempat Aji becakap-cakap “tidak, papa
duduk aje, mami nengok dari atas”. “hati-hati” ujar penulis lagi. “Dalam?” ujar
kemenakan penulis yanti, “kan ade untuk anak-anak” ujar penulis menimpali.“Tinggi
ji? Kolam dekat mane? ujar Yanti. “Kolam di lantai 5 (lime)” ucap Aji,
“turunlah tu”, iye pakai kartu juge dari kamar kami nomor (sambil menyebutkan
nomornye) ujar Aji menjelaskan sambil hilir mudik membawe kartu hotel bewarna
hitam.
Aji
nginap di hotel mane? Nginap di hotel Priemer…dekat mane tu? “Tak tau”, jl.
Sudirman tak? ujar penulis. “Ceritekanlah lagi macam mane hotel tu, besok guru
betanye libur kemane Aji”? Ujar penulis sambil menyantap makan siang. “Ade lif
pakai tekan nomor, semue pakai kartu, kalau tidak pakai kartu, kamar hotel tak
bisa dibukak”. Semue pakai kartu kalau tak tekurung, nih hah kartunye dan
menunjukkan kartu kamar hotel. Hah inikan ade alamatnye ujar penulis
menunjukkan sambil membaca, Jl. Sudirman. Kalau
Aji datang dulu nginap di hotel
mane? tanye ibu Yantinye. Kalau dulu di
hotel (menyebutkan salah satu name hotel) “tidak …biase aje”, ujar Aji dengan
logat Rengatnye.
Dari
paparan singkat diatas, walau hal tersebut tidak berlaku untuk semue anak,
karena masing-masing anak mempunyai karakter yang berbeda namun kegiatan
tersebut, merupekan salah satu contoh pembelajaran singkat yang penulis lakukan
disela makan siang (walaupun tidak siang lagi). Dari kegiatan tersebut, terjadi
komunikasi lisan antare beberape arah seperti penulis dengan Aji, maupun aji
dengan ibu yanti, begitu pule sebaliknye berape banyak
kosa kata yang telah diperoleh Aji, begitu juge kite melihat Aji mampu
mengamati lingkungannye dan menceritekan kembali hasil pengamatan tersebut dan
menyimpulkan ape yang dilihatnye, kemudian die juge mampu membandingkan kelebihan
antara due tempat.
Sekianlah
Pekanbaru,
23 Desember 2012
[1]
Aji adalah cucu penulis (anak dari
kemenakanda Hendri), yang berlibur ke Pekanbaru bersame papa, mami dan adek pade hari minggu, 23 Desember 2012.
Aji sekarang duduk dikelas 2 di salah satu SD di Rengat. Dari pengamatan
penulis sewaktu Aji kecil, kemudian di TK, sudah aktif bergerak, iye juge suke
menyanyikan lagu ST 12, tertarik pade laptop dan pandai mematikan dan
menghidupkan kembali, setelah penulis ajarkan rasenye tak sampai due kali, juge
pandai mengetik di laptop (disela kesibukan penulis bekerja), selain itu iye
juge tertarik membedakan beberape bentuk huruf dan angka dilaptop, biasenye
kalau sudah selesai die akan melihat penulis dan tersenyum.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar